YG LAIN DI SINI

Wednesday, February 7, 2018

CARA KALIBRASI KOMPAS DI HP ANDROID


menjadimengerti.blogspot.com
HP Android memang meberikan begitu banyak kemudahan bagi penggunanya, diantaranya Kompas. Dahulu para nelayan menggunakan rasi bintang di langit untuk menentukan arah berangkat dan pulang. Kemudian berkembang dengan ditemukannya kompas yang menggunakan jarum dengan memanfaatkan magnet kutub utara dan selatan. Lebih lanjut, HP berbasis aplikasi Android memberi kemudahan bagi penggunanya yang sekali waktu atau sering memerlukan petunjuk arah. Tinggal unduh aplikasi gratisan di Play Store, maka kita sudah punya kompas sebagai petunjuk arah.

Ada kemungkinan aplikasi kompas tidak berjalan dengan benar atau tidak mengarah ke arah yang benar, bergerak dengan asal atau tidak bergerak sama sekali. Jika ponsel mengalami hal demikian, maka kompas perlu dikalibrasi ulang. Pada artikel ini, saya tunjukkan cara melakukannya.
  • Putar perangkat pada setiap sumbu beberapa kali untuk mengkalibrasi kompas
  • Mengkalibrasi kompas ponsel kamu sebenarnya mudah. Dengan asumsi kamu memiliki Google Maps, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah sederhana ini:
  • Pegang telepon kamu seperti biasanya. Kemudian, saat telepon masih menghadap kamu, miringkan bagian atas telepon kamu ke depan (jauh dari kamu) dan ke belakang (ke arah kamu).
  • Sekarang, pegang telepon seperti biasa, tegak menghadap ke layar menghadap kamu. Kemudian putar ke wajah ke kiri, lalu ke kanan kamu.
  • Selanjutnya, pegang telepon kamu tegak seperti biasanya. Kemudian, saat telepon masih menghadap kamu, miringkan bagian atas telepon dari satu sisi ke sisi yang lain (seperti kamu beralih ke mode landscape).
Compass calibration

Jika metode itu tidak efektif, bisa dengan cara lain, buka Google Maps dan ikuti gerakan animasi di atas - mudah saja. Mudah dan gampang.

PENENTUAN POSISI DENGAN GPS
FITUR DAN PENGGUNAAN ALAT RECEIVER GPS TRIMBLE JUNO SB

1 comment: